Perlindungan Hukum Bagi Pemenang Lelang Dalam Hal Lelang Dinyatakan Cacat Hukum Berdasarkan Putusan Pengadilan (Studi Kasus Putusan Nomor 18/PDT/2015/PT.AMB)

Kasdi, Regina Nitami (2022) Perlindungan Hukum Bagi Pemenang Lelang Dalam Hal Lelang Dinyatakan Cacat Hukum Berdasarkan Putusan Pengadilan (Studi Kasus Putusan Nomor 18/PDT/2015/PT.AMB). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Regina Nitami Kasdi_217202012.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB ISI_Regina Nitami Kasdi_217202012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Regina Nitami Kasdi_217202012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
Daftar Lampiran_Regina Nitami Kasdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Perlindungan Hukum Bagi Pemenang Lelang Dalam Hal Lelang Dinyatakan Cacat Hukum Berdasarkan Putusan Pengadilan (Studi Kasus Putusan Nomor 18/PDT/2015/PT.AMB)” ini memiliki latar belakang pemberian kredit bank umumnya diikuti dengan pembebanan jaminan benda yang dapat berupa tanah. Apabila debitor wanprestasi, kreditor dapat melakukan lelang terhadap tanah tersebut. Ketentuan lelang telah mengatur mengenai perlindungan hukum bagi para pemenang lelang, namun dalam praktiknya masih terdapat lelang yang dibatalkan oleh suatu putusan pengadilan. Berdasarkan latar belakang ini, diangkat rumusan masalah yaitu bagaimana legalitas dari suatu lelang eksekusi hak tanggungan yang dilaksanakan berdasarkan permohonan kreditor pemegang sertipikat hak tanggungan menurut hukum positif yang berlaku di Indonesia dan bagaimana perlindungan hukum bagi pemenang lelang dalam hal lelang dinyatakan cacat hukum berdasarkan putusan pengadilan? (Studi Kasus Putusan Nomor 18/PDT/2015/PT.AMB). Metode pendekatan penelitian ini, yaitu murni normatif berdasarkan perundang-undangan dan kasus yang diteliti. Setelah diteliti, disimpulkan bahwa legalitas suatu lelang eksekusi hak tanggungan yang dilaksanakan berdasarkan permohonan kreditor pemegang sertipikat hak tanggungan berdasarkan hukum positif yang berlaku di Indonesia adalah sah dan memiliki kekuatan hukum, berdasarkan ketentuan Pasal 6 jo Pasal 20, Pasal 14 jo Pasal 20 Undang-Undang Nomor 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah. Lelang yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku tidak dapat dibatalkan, mencerminkan adanya perlindungan hukum bagi pembeli lelang, namun apabila lelang dibatalkan dikarenakan tidak sesuai dengan prosedur, seperti dalam kasus Putusan Nomor 18/PDT/2015/PT.AMB, penjual lelang dalam hal ini Bank Danamon Cabang Ambon dan KPKNL Ambon diwajibkan memberikan ganti kerugian kepada Hi Haris dan HJ Umum selaku para pembeli lelang yang beritikad baik dan tidak tahu menahu terkait sengketa di antara debitor dan kreditor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Mella Ismelina F.R, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Bank, Kredit, Hak Tanggungan, Lelang
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:46
Last Modified: 13 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38169

Actions (login required)

View Item View Item