Pemilihan Penggunaan Akta Pernyataan Perjanjian Jaminan Negatif Yang Diterapkan Oleh Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Serta Peran Notaris Dalam Pembuatan Aktanya

Rianto, Ricky Okta Novi (2022) Pemilihan Penggunaan Akta Pernyataan Perjanjian Jaminan Negatif Yang Diterapkan Oleh Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Serta Peran Notaris Dalam Pembuatan Aktanya. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Ricky Okta Novi Riano_217201028_TESIS MKN 2022.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB ISI_Ricky Okta Novi Riano_217201028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka__Ricky Okta Novi Riano_217201028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran_Ricky Okta Novi Riano_217201028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Bisnis dalam perekonomian merupakan elemen dari kehidupan masyarakat yang terkait dengan segala macam proses dalam menyanggupi keperluan masyarakat secara menyeluruh. Adapun aktivitas yang terlibat didalam bisnis yaitu proses produksi, distribusi, hingga konsumsi. Hukum mengenai bisnis di Indonesia menjelaskan jika terdapat 3 jenis badan usaha yang berada di dalam Indonesia. Jenisnya yaitu badan usaha swasta, milik negara, serta koperasi. Perusahaan yang memiliki aktivitas pada bidang perbankan sudah banyak berada di Indonesia. bank sendiri seringkali dijadikan sebagai mitra yang bisa berdampak baik bagi pemenuhan keperluan keuangan suatu perusahaan. Proses perjanjian atau pengikatan di Bank baik itu konvensional maupun syariah terdapat Jaminan atau yang disebut sebagai agunan. PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk adalah di antara bank syariah yang sudah berdiri di Indonesia pada tahun 1992, tentu terdapat sebuah produk yang menciptakan terjadi suatu perikatan atau perjanjian pembiayaan dimana dalam proses tersebut mengenal istilah jaminan negatif. Jaminan tersebut terdapat istilah “Negative Pledge” atau “Jaminan Negatif” yang berarti segala harta kekayaan milik nasabah yang dapat bergerak ataupun tidak, serta yang ada saat ini dan yang akan datang bisa dijadikan sebagai penjamin dalam melunasi kewajiban yang muncul atas sebuah kesepakatan. Perjanjian Pernyataan Jaminan Negatif yang dilaksanakan antara Debitur dan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk, dimulai dengan penandatangan Surat Persetujuan atau Offering Letter, kemudian dibuatnya akta induk (akta Murabahah) yang dibuat dihadapan Notaris selaku pejabat umum, selanjutnya dibuatlah perjanjian terpisah, yakti akta pernyataan jaminan negative, dimana di dalam pernyataan tersebut, debitur selaku nasabah wajib tunduk terhadap pernyataan baku yang dibuat oleh PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tjempaka, S.H., M.H., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Akta Notaris, Perjanjian, Perbankan Syariah. Akta Notaris, Perjanjian, Perbankan Syariah.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:56
Last Modified: 13 Jan 2023 07:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38171

Actions (login required)

View Item View Item