Penegakan Hukum Atas Penyimpangan Pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (Bphtb) Bagi Perseroan Terbatas Yang Melakukan Jual Beli Tanah Dan/Atau Bangunan Di Wilayah Dki Jakarta

Prakoso, Digdo (2021) Penegakan Hukum Atas Penyimpangan Pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (Bphtb) Bagi Perseroan Terbatas Yang Melakukan Jual Beli Tanah Dan/Atau Bangunan Di Wilayah Dki Jakarta. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Digdo Prakoso_208181006.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Bab Isi_Digdo Prakoso_208181006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Digdo Prakoso_208181006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran_Digdo Prakoso_208181006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dipungut menggunakan Self Assesment System, dimana wajib pajak mempunyai kewajiban untuk aktif dalam memenuhi kewajibannya dan harus menghitung, melapor, menyetor jumlah pajak yang terutang. Pembayaran BPHTB dalam prateknya pihak ketiga lebih banyak berperan dalam masalah membantu perhitungan dan pembayaran pajak dibandingkan wajib pajak dikarenakan wajib pajak biasanya tidak mengetahui adanya peraturan terkait BPHTB. Pada proses jual beli terdapat aset kekayaan milik perseroan terbatas berupa tanah dan bangunan, dalam pengaturan mengenai pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) telah diatur bahwa atas peristiwa tersebut merupakan objek Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB. Namun dalam praktiknya khususnya dalam jual beli tanah dan/bangunan yang dilakukan PT banyak terjadi penyimpangan dalam pembayaran BPHTB. Penyimpangan dalam pembayaran BPHTB seyogyanya dapat dilakukan analisis untuk menemukan faktor penyebab utamanya dan menciptakan tindakan atau upaya penegakan hukum demi meningkatkan penerimaan pendapatan daerah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor : Prof. Dr. Mella Ismelina F.R, S.H, M.Hum. Ko-Promotor : Dr. Gunawan Djajaputra, S.H, S.S, M.H.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Penyimpangan Pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan, Jual Beli Tanah Dan Bangunan, Perseroan Terbatas, Dki Jakarta.
Subjects: Disertasi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:30
Last Modified: 30 Jan 2023 03:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38237

Actions (login required)

View Item View Item