Penerapan Buy Back Guarantee dalam kredit pemilikan rumah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Bumi Serpong Damai

Ridwan, Halimah (2022) Penerapan Buy Back Guarantee dalam kredit pemilikan rumah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Bumi Serpong Damai. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Halimah Ridwan_207202018.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab isi_Halimah Ridwan_207202018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Halimah Ridwan_207202018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran_Halimah Ridwan_207202018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Bank BNI Cabang Bumi Serpong Damai dalam upaya menjalankan produk perbankannya menyediakan layanan BNI Griya sebagai produk pinjaman untuk pembelian bangunan berupa rumah, rumah susun, ruko, apartemen, villa, bahkan kavling. Penerapan Buyback Guarantee pada produk BNI Griya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembeliannya yang masih dalam bentuk PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli), pada tahap proses buyback guarantee Bank BNI harus menerapkan prinsip 5C (karakater, kapasitas, modal, collateral, condition) untuk menghindari kerugian bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Perjanjian buyback guarantee diselenggarakan agar bisa mengatur jika debitur tidak mampu menganggsur ke Bank sehingga debitur mengalami kredit macet dan termasuk dalam kategori non performing loan. Sesuai kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Bank BNI dengan developer. Bank BNI dapat mengajukan permohonan buyback guarantee kepada Pengembang (developer). Dalam penyelesaian buyback guarantee, Pengembang berkewajiban untuk membayar seluruh sisa kewajiban debitur. Pelaksanaan buyback guarantee seringkali memunculkan masalah antara developer dengan Bank karena tidak adanya kejelasan tentang pengaturan buyback guarantee dalam perjanjian. Metode penelitian dalam penulisan ini, yaitu yuridis normatif, penelitian yang dilakukan termasuk berjenis penelitian yuridis normatif mempergunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H;M.H.APU
Uncontrolled Keywords: Jaminan, Pengembalian, Kredit
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:00
Last Modified: 31 Jan 2023 02:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38243

Actions (login required)

View Item View Item