Penerapan Asas Kebebasan berkontrak terkait peran dan tanggungjawab Notaris terhadap pengikatan jaminan dengan akta perjanjian pengikatan jual beli (PPJB)

Hambali, Jessica (2021) Penerapan Asas Kebebasan berkontrak terkait peran dan tanggungjawab Notaris terhadap pengikatan jaminan dengan akta perjanjian pengikatan jual beli (PPJB). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Jessica Hambali_217191003_Tesis Mkn 2021.pdf

Download (942kB)
[img] Text
Bab isi_Jessica Hambali_217191003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Jessica Hambali_217191003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
Lampiran_Jessica Hambali_217191003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kehadiran lembaga pembiayaan sangat memberikan pengaruh yang cukup besar khususnya bagi pengusaha maupun individu. Lembaga pembiayaan di Indonesia ada 2 (dua) yaitu, lembaga pembiayaan keuangan Bank dan Non Bank. Penelitian ini membahas mengenai lembaga pembiayaan Non Bank, yaitu perusahaan Multifinance bernama KTM yang memberikan pembiayaan Modal Kerja Usaha kepada individu bernama WB dengan pengikatan jaminan berupa Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), dimana pengikatan dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) Notaris yang berbeda. Pengikatan Perjanjian Kredit dilakukan dengan menggunakan Notaris A, sedangkan pengikatan PPJB menggunakan Notaris B. Di dalam akta PPJB dicantumkan Kuasa Menjual sehingga KTM dapat menjual jaminan tanpa kehadiran WB. Kedua pengikatan dilakukan di hari yang sama tetapi di jam yang berbeda. Hal ini perlu diteliti apakah PPJB yang disertai dengan Kuasa Menjual dari KTM kepada WB dapat dijadikan sebagai bentuk turunan/ accessoir (perjanjian jaminan) terhadap perjanjian kredit, selain itu bagaimana peran, tanggung jawab serta kedudukan hukum Notaris terkait perjanjian pokok (kredit) dan turunannya khususnya mengenai tindakan eksekusi objek jaminan terhadap bentuk perjanjian kredit dengan turunan berupa PPJB. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum Yuridis Normatif. Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitis, yang akan melihat norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan (law in book), dengan pelaksanaannya dalam masyarakat (law in action). Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran dan tanggung jawab Notaris sebatas membuat akta autentik (Pasal 1 angka (1) Undang-Undang Jabatan Notaris. Kedudukan hukum Notaris dapat bertindak sebagai saksi untuk dimintakan keterangannya dalam pembuatan akta tersebut. Penerapan asas kebebasan berkontrak terkait pembuatan PPJB disertai kuasa menjual tidak ideal dijadikan turunan dari Perjanjian Kredit karena merupakan 2 (dua) perbuatan hukum yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H.,M.H.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:30
Last Modified: 31 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38253

Actions (login required)

View Item View Item