Psychological Contract Breach Sebagai Mediator Pada Hubungan Job Insecurity Terhadap Subjective Well-Being Karyawan Swasta Di Sektor Manufaktur

Azalia, Audry Belda (2023) Psychological Contract Breach Sebagai Mediator Pada Hubungan Job Insecurity Terhadap Subjective Well-Being Karyawan Swasta Di Sektor Manufaktur. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Audry Belda Azalia_705190155.pdf

Download (323kB)

Abstract

Masuknya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) menyebabkan sekitar 25 juta pekerja di Indonesia terancam kehilangan pekerjaannya. Situasi tersebut menyebabkan stres tersendiri bagi karyawan hingga berpengaruh terhadap kualitas hidupnya. Dampak yang dirasakan tidak hanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tetapi karyawan juga merasakan perubahan pada jam kerja hingga pemotongan gaji karena situasi yang berlangsung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran psychological contract breach sebagai mediator pada hubungan job insecurity terhadap subjective well-being karyawan swasta di sektor manufaktur. Penelitian ini merupakan kuantitatif non-eksperimental dengan partisipan sebanyak 214 karyawan manufaktur. Terdapat empat alat ukur berupa kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini. Subjective well-being (SWB) di ukur menggunakan Satisfaction with Life Scale (SWLS) dan Scale of Positive and Negative Experience (SPANE). Kemudian, Job Insecurity (JI) di ukur menggunakan Job Insecurity Scale (JIS). Sementara Psychological Contract Breach (PCB) di ukur dengan menggunakan alat ukur perceived contract breach. Berdasarkan hasil analisis data uji korelasi dan uji hipotesis, ditemukan empat hal. Pertama, terdapat korelasi negatif antara JI dengan SWB karyawan manufaktur (r = -0.47, p < 0.05). Berikutnya, terdapat korelasi positif antara JI dengan PCB karyawan manufaktur (r = 0.48, p < 0.05). Selain itu, terdapat korelasi negatif antara PCB dengan SWB karyawan manufaktur (r = -0.49, p < 0.05). Kemudian, jika PCB diposisikan sebagai mediator pada hubungan JI dengan SWB maka pengaruh akan menunjukkan hasil yang signifikan (tc' = -4.8635, t > 1.96). Dapat diartikan, PCB berperan sebagai mediator parsial pada hubungan JI terhadap SWB karyawan manufaktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, Dra., M.SI
Uncontrolled Keywords: subjective well-being, job insecurity, psychological contract breach, karyawan manufaktur
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:35
Last Modified: 02 Feb 2023 07:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38279

Actions (login required)

View Item View Item