Hubungan Kebahagiaan Subjektif dengan Kualitas Hidup pada Mahasiswa Selama Masa Transisi Pandemi COVID-19

Bongso, Cristine Imelda (2023) Hubungan Kebahagiaan Subjektif dengan Kualitas Hidup pada Mahasiswa Selama Masa Transisi Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cristine Imelda Bongso_705190092.pdf

Download (515kB)

Abstract

Saat ini sudah mulai memasuki masa transisi pandemi COVID-19 dimana kegiatan yang awalnya online menjadi offline dimana kegiatan pembelajaran juga ikut mengalami penyesuaian sehingga pelajar khususnya mahasiswa perlu melakukan penyesuaian diri dengan melibatkan emosi positif yaitu bahagia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebahagiaan dengan quality of life pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Kebaruan pada penelitian ini yaitu menggunakan fenomena di masa transisi pandemi COVID-19 dan dengan partisipan mahasiswa sehingga hasil dari penelitian ini dapat berkontribusi untuk menjadi acuan maupun referensi bagi penelitian mendatang. Partisipan penelitian ini berjumlah 133 mahasiswa yang terdiri dari 56 laki-laki dan 77 perempuan berusia 18 – 25 tahun yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kebahagiaan diukur menggunakan Subjective Happiness Scale dan quality of life diukur menggunakan The World Health Organization Quality of Life – BREF. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai sig. = 0.000 < 0.05 dan nilai r = 0.441 yang berarti kebahagiaan memiliki hubungan positif dengan quality of life dimana ketika kebahagiaan seseorang tinggi maka quality of life juga tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng., S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: kebahagiaan, kualitas hidup, mahasiswa, pandemi COVID-19
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:29
Last Modified: 02 Feb 2023 08:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38286

Actions (login required)

View Item View Item