Hubungan Kualitas Persahabatan, Kualitas Kehidupan Sekolah, dan Keterlibatan Siswa di SMA X Kota Bekasi

Varianty, Hilda Tiara (2023) Hubungan Kualitas Persahabatan, Kualitas Kehidupan Sekolah, dan Keterlibatan Siswa di SMA X Kota Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Hilda Tiara Varianty_705190269.pdf

Download (839kB)

Abstract

Guru dan orang tua terkadang tidak begitu memperhatikan kehidupan sosial anaknya karena sebagian besar pertemanan khususnya pada siswa SMA terjadi di sekolah. Padahal pertemanan adalah salah satu hal yang membuat siswa suka dengan sekolahnya dan terlibat dalam pembelajaran di kelas yang dapat menghasilkan prestasi. Penelitian ini menguji adanya hubungan antara kualitas persahabatan, kualitas kehidupan sekolah, dan keterlibatan siswa. kualitas persahabatan adalah tingkat baik buruknya hubungan pertemanan secara emosional, rasa percaya, kedekatan, rasa aman, dan penyelesaian masalah yang dapat terbentuk jika dua atau lebih individu saling memenuhi satu sama lain. Kualitas kehidupan sekolah adalah perasaan atau penilaian siswa terhadap kehidupan di sekolah berdasarkan pengalaman positif dan negatif yang dialami siswa. Lalu keterlibatan siswa adalah cara siswa berperilaku dan berpikir yang membuat siswa aktif di sekolah. Partisipan dalam penelitian ini memiliki kriteria usia maksimal 21 tahun dan sedang aktif bersekolah di SMA X Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan Friendship Quality Scale (FQS) untuk mengukur kualitas persahabatan, Quality of School Life Scale (QSLS) untuk mengukur kualitas kehidupan sekolah, dan Student Engagement in School Questionnaire (SESQ) untuk mengukur keterlibatan siswa di sekolah. Partisipan yang berhasil terkumpul dalam penelitian ini sebanyak 127 siswa. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2022. Penelitian ini menggunakan teknik Non-probability sampling dan jenis penelitian ini adalah korelasi non-eksperimental dengan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25 dengan korelasi Pearson dan mendapatkan hasil r(127) = 0.341 dengan p = 0.000 < 0.05, r(127) = 0.209 dengan p = 0.019 < 0.05, dan r(127) = 0.548 dengan p = 0.000 < 0.05, menunjukkan adanya korelasi positif signifikan di ketiga variabelnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kualitas persahabatan, kualitas kehidupan sekolah, keterlibatan siswa, siswa SMA
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:42
Last Modified: 03 Feb 2023 08:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38298

Actions (login required)

View Item View Item