Gambaran Strategi Coping Stres Guru dalam Menghadapi Anak Autis

Paskaline, Archangela Brenda (2023) Gambaran Strategi Coping Stres Guru dalam Menghadapi Anak Autis. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Archangela Brenda Paskaline_705190111.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping stress guru dalam menghadapi anak autis. Autis adalah gangguan pada perkembangan neurologis yang ditandai dengan kesulitan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku pada anak. Salah satu ciri lain dari anak autis adalah permasalahan pada perilaku yaitu anak sering tantrum. Permasalahan pada perilaku anak autis menjadi salah satu penyebab munculnya stres pada guru. Tidak hanya perilaku, stres pada guru anak autis juga terjadi karena beban pekerjaan dan lingkungan sekitar. Stres dapat diatasi dengan coping stress. Coping stress adalah penggunaan pikiran dan perilaku dari waktu ke waktu untuk mengatur tekanan internal dan eksternal dari situasi stres. Penelitian ini dilakukan terhadap empat partisipan, yaitu guru anak autis di sekolah luar biasa X dengan rentang usia 20 sampai dengan 40 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara. Sebelumnya dilakukan screening untuk melihat tingkat stres partisipan. Hasil penelitian menunjukkan guru mengalami stres ketika menghadapi anak autis. Keempat partisipan mengatasi stres yang dialami dengan menggunakan kedua jenis coping stress, yaitu healthy coping strategies dan unhealthy coping strategies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widi Astuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: guru, anak autis, stres, coping stress
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:40
Last Modified: 09 Feb 2023 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item