Peran Rasa Syukur dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Guru di Masa Pandemi

Qisthy, Listia (2023) Peran Rasa Syukur dan Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Guru di Masa Pandemi. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (595kB)

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan kegiatan belajar mengajar, sehingga guru membutuhkan metode pengajaran khusus dan dituntut kreatif dalam menyampaikan materi melalui media pembelajaran online (daring). Hal ini dapat menyebabkan guru merasa tertekan. Rasa syukur (gratitude) dan dukungan sosial yang diterima (perceived social support) dapat membantu guru mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran gratitude guru dan perceived social support guru terhadap teacher subjective well-being di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022 dengan menggunakan kuesioner elektronik yang ditujukan bagi 202 guru honorer yang mengajar di sekolah tingkat menengah dengan range usia 20-46 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling (purposive sampling). Alat ukur yang digunakan adalah Gratitude Questionnaire dari Mc Cullough, Emmons & Tsang (2002), Revised-Multidimensional Scale of Perceived Social Support (R-MSPSS) dari Ho & Chan (2017), dan Teacher Subjective Well-Being Questionnaire (TSWQ) dari Renshaw, T. L., Long, A. C., & Cook, C. R. (2015). Sebagai hasil penelitian, gratitude memiliki peranan yang signifikan terhadap variabel teacher subjective well being (t-value = 2.48), sama halnya dengan perceived social support (t-value = 16.65). Besarnya peranan gratitude dan perceived social support terhadap teacher subjective well-being memiliki nilai R2 = 0.84, yang secara persentase dinyatakan sebesar 84%, karenanya rasa syukur memiliki peran positif dan signifikan. Besar peranan dimensi PSS terhadap variabel TSWQ hanya tampak pada dimensi family yang memiliki nilai positif dan signifikan (t-value = 2.05). Perceived social support dan gratitude memiliki peran positif dan signifikan terhadap teacher subjective well being. Semakin tinggi nilai perceived social support dan gratitude, maka semakin tinggi pula teacher subjective well being.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani., M.Si., Psikolog & Dr. Fransisca I.R. Dewi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Rasa Syukur, Dukungan Sosial, Kesejahteraan Guru, pandemi COVID-19
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:49
Last Modified: 10 Feb 2023 02:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38460

Actions (login required)

View Item View Item