Pengaruh Job Demands terhadap Turnover Intention dengan Workplace Well-Being Sebagai Moderator pada Dokter dan Perawat di PT. X

Fitriani, Rahmadita Anisa (2023) Pengaruh Job Demands terhadap Turnover Intention dengan Workplace Well-Being Sebagai Moderator pada Dokter dan Perawat di PT. X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (759kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh job demands terhadap turnover intention dengan workplace well-being sebagai moderator pada dokter dan perawat di PT. X. Job demands adalah suatu tuntutan pekerjaan yang dialami oleh karyawan dari perusahaan. Turnover intention adalah kecenderungan atau niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannya secara sukarela atau pindah dari suatu tempat kerja ke tempat kerja yang lain menurut pilihannya sendiri. Workplace well-being adalah rasa sejahtera yang diperoleh pekerja dari pekerjaan karyawan yang terkait dengan perasaan pekerja secara umum dan nilai intrinsic maupun ekstrinsik dari pekerjaan. Penelitian ini menyertakan 90 karyawan. Karakteristik dalam penelitian ini, yaitu (a) dokter dan perawat, (b) sudah bergabung dengan kontrak kerja minimal 1 tahun, (c) berjenis kelamin pria dan wanita, dan (d) berusia 20-45 tahun. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Variabel job demands dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan The Job Demands-Resources Questionnaire. Variabel turnover intention karyawan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Turnover Intention Questionnaire. Variabel workplace well-being dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Workplace Well-Being Questionnaire (WWQ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada adanya pengaruh job demands terhadap turnover intention dengan workplace well-being sebagai moderator dengan nilai β (beta symbol) = 3,225, SE = 1,485 dan nilai p = 0.033 < 0.05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah workplace well-being memoderasi pengaruh job demands terhadap turnover intention, yang berarti workplace well-being dapat menurunkan pengaruh job demands terhadap turnover intention.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zamralita. M.M., Psikolog & Dr. Rita M. Idulfilastri, Ir., M.Psi
Uncontrolled Keywords: job demands, turnover intention, dan workplace well-being
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:59
Last Modified: 10 Feb 2023 02:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38461

Actions (login required)

View Item View Item