Peran Persepsi Mahasiswa Keperawatan pada Kepedulian Pembimbing Klinis terhadap Komunikasi Terapeutik dengan Self-Efficacy Sebagai Mediator

Yanti, Ima Damai (2023) Peran Persepsi Mahasiswa Keperawatan pada Kepedulian Pembimbing Klinis terhadap Komunikasi Terapeutik dengan Self-Efficacy Sebagai Mediator. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE 7_COVER - ABSTRAK.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji hipotesis mengenai peran persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinik terhadap komunikasi terapeutik dengan self-efficacy sebagai mediator. Tujuan penelitian mengetahui seberapa besar peranan persepsi mahasiswa pada kepedulian pembimbing klinis yang menjalani praktik di rumah sakit terhadap kemampuan komunikasi terapeutik, dan apakah self-efficacy mahasiswa menjadi mediator dari kedua variabel. Diprediksi bahwa self-efficacy merupakan mediator antara hubungan persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis terhadap komunikasi terapeutik. Responden terdiri dari 150 mahasiswa keperawatan profesi ners di area Tangerang yang menjalani praktik klinis di rumah sakit. Data diperoleh dengan kuesioner NSPIC-Tr, GSES dan Skala Komunikasi Terapeutik yang telah diadaptasi. Pengolahan data menggunakan metode process SPSS yang melihat hubungan antara kediga variabel tersebut. Dengan adanya interaksi mediasi self-efficacy dalam hubungan persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis terhadap komunikasi terapeutik dengan nilai indirect efect tidak berstandar bootstrap sebesar 0.0708 dan interval kepercayaan 95% berkisar antara 0.0159 sampai 0.1507, karena 0 tidak termasuk dalam interval kepepercayaan 95% sehingga dapat ditarik kesimpulan indirect effect yang signifikan. Sedangkan nilai direct-effect dalam hubungan persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis memiliki nilai efek 0.3821 sehingga diperoleh total efek sebesar 0.4529 dimana self-efficacy mampu memediasi antara persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis. Berdasarkan hipotesis penelitian dan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis berperan terhadap komunikasi terapeutik mahasiswa keperawatan dengan self-efficacy sebagai mediator. Self-efficacy sebagai mediator dapat memediasi keterikatan antara persepsi mahasiswa keperawatan pada kepedulian pembimbing klinis dengan komunikasi terapeutik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, PhD., Psi. & Pamela Hendra Heng,S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Peresepsi Mahasiswa Keperawatan pada Kepedulian Pembimbing Klinis, Self-Efficacy
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:37
Last Modified: 10 Feb 2023 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38470

Actions (login required)

View Item View Item