Peran Mindfulness dan Regulasi Emosi Terhadap Regulasi Diri dalam Belajar Siswa Remaja pada Pandemi COVID-19

Djajadi, Amelia (2023) Peran Mindfulness dan Regulasi Emosi Terhadap Regulasi Diri dalam Belajar Siswa Remaja pada Pandemi COVID-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. COVER-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Regulasi diri dalam belajar merupakan keterampilan belajar yang sangat perlu dimiliki oleh siswa tidak terkecuali pada masa pandemi COVID-19. Pembelajaran daring maupun bauran daring dan tatap muka dilaksanakan demi menjalankan protokol kesehatan bagi setiap warga sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran mindfulness dan regulasi emosi terhadap regulasi diri dalam belajar siswa remaja sekolah menengah di Jakarta yang belajar dari rumah (BDR) selama pandemi COVID-19. Regulasi diri dalam belajar didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk mengambil kendali atas kognisi, perilaku, emosi, dan motivasinya berupa strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Desain penelitian berupa kuantitatif korelasional. Pengukuran variabel bebas mindfulness menggunakan alat ukur Tarumanagara Five Facet Mindfulness Questionnaire (Wijaya, 2020) dan pengukuran regulasi emosi menggunakan alat ukur Emotion Regulation Questionnaire for Children and Adolescent (ERQ-CA) (Gullone dan Taffe, 2011, yang diadaptasi dalam Angelia, 2020). Sedangkan untuk variabel terikat regulasi diri dalam belajar digunakan Alat Ukur Regulasi Diri dalam Belajar Secara Daring Versi Indonesia (Mutiara & Rifameutia, 2021). Pengambilan data dilakukan melalui formulir elektronik pada sebuah sekolah menengah di Jakarta Utara (SLTP dan SLTA) dengan karakteristik partisipan sesuai rentang usia remaja. Sebanyak 169 siswa berusia antara 12-18 tahun berpartisipasi dalam pengambilan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: peran mindfulness terhadap regulasi diri dalam belajar sebesar 37.0%, peran regulasi emosi terhadap regulasi diri dalam belajar sebesar 13.8%, peran mindfulness dan regulasi emosi secara bersama-sama sebesar 18.5% terhadap regulasi diri dalam belajar siswa remaja sekolah menengah di Jakarta selama pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psikolog
Uncontrolled Keywords: mindfulness, regulasi emosi, regulasi diri dalam belajar, siswa remaja, pandemi COVID-19
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:59
Last Modified: 20 Feb 2023 06:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item