Peran Harapan sebagai Mediator pada Hubungan Resiliensi dan Grit pada Perempuan dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Christanty, Cindy Arlinda (2023) Peran Harapan sebagai Mediator pada Hubungan Resiliensi dan Grit pada Perempuan dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Grit merupakan konsep yang sering dikaitkan dengan keberhasilan individu dalam mencapai tujuan. Konsep grit dalam bidang klinis dan dampaknya pada masalah kesehatan mental masih terbatas membutuhkan perhatian yang lebih dari para peneliti. Pada penelitian ini grit digambarkan sebagai keterampilan yang dibutuhkan perempuan dengan PCOS dalam mencapai kesembuhan melalui program perawatan. Grit berkaitan dengan tingkat resiliensi individu untuk bangkit kembali setelah mendapatkan diagnosis dari dokter dan harapan yang dimiliki oleh individu dalam mencapai tujuan yang dimiliki. Studi ini meneliti peran harapan sebagai mediator dalam hubungan antara resiliensi dengan grit pada perempuan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Partisipan penelitian ini adalah perempuan yang didiagnosis oleh dokter memiliki gangguan PCOS, dengan rentang usia antara 15-49 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat grit antara kelompok usia emerging adulthood dan early adulthood. Hasil temuan juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat grit yang signifikan pada intensitas partisipan dalam mengikuti program perawatan. Mengatur pola hidup sehat seperti diet menjadi program yang paling banyak dilakukan oleh partisipan dan hasil dari program perawatan yang paling banyak dirasakan yaitu keteraturan siklus menstruasi. Tujuan dari program perawatan PCOS yang dirancang yaitu untuk memeroleh kesembuhan yang diinginkan. Peneliti merekomendasikan untuk memberikan form assesment terhadap tingkat grit individu yang menjalani program perawatan untuk memprediksi perilaku individu terhadap program yang diberikan dan melakukan evalusi terhadap kekonsistenan dan ketekunan selama program berlangsung sehingga waktu individu dalam mencapai kesembuhan dapat lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Fransisca I. R. Dewi, M.Si. & Dr. Riana Sahrani, Psi.
Uncontrolled Keywords: Grit, resiliensi, harapan, PCOS, program perawatan
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:54
Last Modified: 22 Feb 2023 02:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38617

Actions (login required)

View Item View Item