Efektivitas Program Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) terhadap Resiko Terjadinya burnout guru di sekolah X

Irawati, Maria Dewi (2023) Efektivitas Program Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) terhadap Resiko Terjadinya burnout guru di sekolah X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (600kB)

Abstract

Guru memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang dapat membuatnya rentan mengalami stress. Stress dalam waktu lama ini menyebabkan kelelahan pada individu yang berkolerasi erat dengan dimensi burnout (Smetackova, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektvitas program Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII) terhadap resiko terjadinya burnout guru di sekolah X, sebagai strategi self-regulation yang membantu guru mengatur setiap pikiran, perasaan, dan tindakannya sesuai dengan penetapan tujuan yang akan dicapainya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian adalah guru sekolah x yang dibagi secara acak ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh intervensi MCII, sedangkan kelompok kontrol tidak. Alat ukur yang digunakan adalah Maslach Burnout Inventory (MBI) yang dikembangkan oleh Maslach et al., (1981). MBI terbagi menjadi 3 dimensi dengan uraian 9 butir pertanyaan dimensi Emotional Exhaustion (EE), 5 butir pertanyaan dimensi Depersonalization (DP), dan 8 butir pertanyaan untuk dimensi Personal Accomplishment (PA). Lembar evaluasi diberikan kepada partisipan setelah pelaksanaan program. Untuk uji reliabilitas yang dilakukan, diperoleh skor Alpha Cronbach untuk dimensi EE 0.870, dimensi DP 0.621, dan dimensi PA 0.838. Pada dimensi DP, skor Alpha Cronbach lebih dari 0.6 diperoleh dengan menghapus 2 butir soal, sehingga total butir pertanyaan yang diberikan pada partisipan berjumlah total 20 butir. Hipotesis pada penelitian ini adalah adanya program MCII efektif mencegah resiko terjadinya burnout guru di sekolah X. Analisis statistik data menggunakan uji nonparametric Wilcoxon dengan nilai sig. (2 tailed) lebih besar dari 0.05. Berdasarkan analisis statistik data dan data kualitatif, diperoleh kesimpulan program MCII tidak efektif mencegah resiko terjadinya burnout pada guru, namun mampu membantu guru dalam melakukan evaluasi diri dan memaknai panggilan sebagai guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: urnout, self-regulation, program Mental Contrasting with Implementation Intention (MCII), guru
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:37
Last Modified: 22 Feb 2023 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38627

Actions (login required)

View Item View Item