ANALISIS GAMBARAN GAYA HIDUP REMAJA YANG DITERPA KONTEN YOUTUBE BUDAYA POP KOREA

Elni Yang, Angelina (2022) ANALISIS GAMBARAN GAYA HIDUP REMAJA YANG DITERPA KONTEN YOUTUBE BUDAYA POP KOREA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ANGELINA ELNI YANG / 915190120 (B) ANALISIS GAMBARAN GAYA HIDUP REMAJA YANG DITERPA KONTEN YOUTUBE BUDAYA POP KOREA (C) xvii+60hlm, Tahun 2022, 4 tabel, 5 gambar, 4 Lampiran (D) PERIKLANAN Abstrak: Budaya pop Korea atau Hallyu berkembang sangat pesat secara global, termasuk di Indonesia. Mayoritas penggemar budaya pop Korea di Indonesia datang dari remaja berusia 12-20 tahun. Pada masa remaja jugalah seorang individu membentuk dan mencari jati diri mereka, salah satunya dengan meniru apa yang mereka lihat. Teknologi yang kian canggih memfasilitasi semakin banyak konten new media untuk remaja jadikan sebagai referensi dalam membangun gaya hidup, salah satunya di YouTube. Dalam Teori Uses and Gratification, remaja sebagai audiens dilihat sebagai khalayak aktif yang dapat memilih sendiri konten apa yang ingin mereka konsumsi dan bagaimana terpaan konten tersebut berimplikasi pada gaya hidup mereka. Tujuan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan wawancara dan observasi pada enam informan, dokumentasi dan studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana gaya hidup remaja pertengahan usia 14-17 tahun yang diterpa konten-konten budaya pop Korea di YouTube. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan dorongan motivasi dan kebutuhannya, para remaja menggunakan selective attention untuk memilih konten yang ingin mereka tonton. Respon yang diberikan remaja pada konten yang sama juga bergantung pada perspektif masing-masing individu. Respon itu tercermin dalam aktivitas, minat dan opini remaja dan membentuk gaya hidup mereka. v Kata Kunci: Budaya Pop Korea, Gaya Hidup Remaja, Hallyu, Uses and Gratification

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:17
Last Modified: 02 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38662

Actions (login required)

View Item View Item