OMUNIKASI DIGITAL DAN OPINI VIRTUAL MELALUI HASHTAG CITAYEM FASHION WEEK

Yohana, Yohana (2023) OMUNIKASI DIGITAL DAN OPINI VIRTUAL MELALUI HASHTAG CITAYEM FASHION WEEK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) YOHANA / 915190137 (B) KOMUNIKASI DIGITAL DAN OPINI VIRTUAL MELALUI HASHTAG CITAYEM FASHION WEEK (C) xiv + 74 hlm, Tahun 2022, table 1, gambar 20, Lampiran 10 (D) Public Relations Abstrak: Penelitian ini membahas tentang komunikasi digital di media sosial menggunakan hashtag dan kata kunci terhadap fenomena sosial di tengah masyarakat. Peneliti menggunakan studi pada fenomena Citayem Fashion Week. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, metode netnografi, dan teknik pengumpulan data netnografi yaitu data arsip, data elisitasi, dan data catatan lapangan. Peneliti juga melakukan wawancara dengan narasumber ahli yang dijadikan sebagai data sekunder dan keabsahan data. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi dan komunikasi digital, opini virtual, media sosial, budaya populer, dan hashtag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level ruang media sosial, persebaran informasi tentang suatu fenomena begitu cepat dan luas. Komunikasi digital yang berlangsung sesuai dengan konsep prosumer pada media sosial yang menjadikan pengguna memiliki dua sisi sebagai produsen dan konsumen pesan. TikTok mendukung Citayem Fashion Week sebagai budaya populer yang diiringi peran hashtag dan kata kunci untuk turut menyempurnakan komunikasi digital melalui opini virtual yang berlangsung pada jangkauan persebaran yang lebih luas. Kata Kunci: Komunikasi Digital, Media Sosial, Citayem Fashion Week, Opini Virtual, Prosumer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:01
Last Modified: 02 Sep 2024 04:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38678

Actions (login required)

View Item View Item