ANALISIS PERSPEKTIF PENGGEMAR PADA KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR SKINCARE SOME BY MI (Studi Pada Kredibilitas Yook Sungjae BTOB)

Regina Luanda, Elizabeth Marcelia (2022) ANALISIS PERSPEKTIF PENGGEMAR PADA KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR SKINCARE SOME BY MI (Studi Pada Kredibilitas Yook Sungjae BTOB). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) ELIZABETH MARCELIA REGINA LUANDA / 915190159 (B) ANALISIS PERSPEKTIF PENGGEMAR PADA KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR SKINCARE SOME BY MI (C) xvii + 65 hlm, 2022, tabel 3, gambar 8, lampiran 4 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak : Adanya perkembangan Korean Wave yang sangat pesat menyebabkan beberapa dampak yang terjadi. Salah satu contoh dampak dari melesatnya Korean Wave di tatanan masyarakat global adalah penggunaan idola KPop sebagai brand ambassador untuk mewakilkan perusahaan di mata khalayak publik. Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan idola K-Pop sebagai brand ambassador adalah Some By Mi. Some By Mi secara resmi mengumumkan bahwa Yook Sungjae BTOB menjadi brand ambassador pada 11 Januari 2019. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perspektif penggemar pada kredibilitas Yook Sungjae BTOB sebagai brand ambassador Some By Mi. Dalam penelitian ini turut menggunakan beberapa teori dan konsep sebagai landasan teoritis yaitu komunikasi, sumber atau komunikator, brand ambassador, karaktertistik brand ambassador, teori S-O-R, serta perspektif penggemar. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penulis memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dengan melakukan observasi partisipan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan tentang perspektif penggemar BTOB bahwa Yook Sungjae kredibel sebagai brand ambassador Some By Mi jika ditinjau dari keempat karakteristik brand ambassador yaitu kemampuan atau kredibilitas, popularitas, daya tarik, serta kekuatan. Menurut perspektif penggemar BTOB, Yook Sungjae memiliki karakteristik tersebut di dalam dirinya. Walau Yook Sungjae memiliki kredibilitas untuk menjadi brand ambassador, Yook Sungjae juga memiliki kekurangan pada saat menjadi brand ambassador Some By Mi yang dikarenakan Yook Sungjae memasuki masa wajib militer yang menyebabkan beberapa aktivitas dan kegiatan sebagai brand ambassador Some By Mi kurang efisien dalam hal mempromosikan produk, merepresentasikan Some By Mi di hadapan publik, menaikan citra produk serta kegiatan branding. Kata Kunci: brand ambassador, kredibilitas sumber, perspektif penggemar, Some By Mi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:45
Last Modified: 02 Sep 2024 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38760

Actions (login required)

View Item View Item