Hubungan Pengetahuan Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan Stigma Terhadap Attention Deficit Hyperactivity Disorder Pada Mahasiswa

Nurcintame, Nydia Putri (2023) Hubungan Pengetahuan Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan Stigma Terhadap Attention Deficit Hyperactivity Disorder Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan ADHD adalah pengetahuan yang mencakup informasi umum seputar ADHD, gejala, dan pengobatan ADHD. Orang yang lebih berpengetahuan tentang ADHD selayaknya memiliki kesadaran dan toleransi yang tinggi terhadap perilaku orang dengan ADHD dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit pengetahuannya, sehingga stigma terhadap ADHD lebih rendah. Stigma terhadap ADHD merupakan tindakan memberikan label negatif yang ditujukan untuk merendahkan martabat dan mengasingkan keberadaan orang dengan ADHD di lingkungan hingga dapat menimbulkan dampak stigma diri bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pengetahuan ADHD dan stigma terhadap ADHD. Partisipan penelitian merupakan 242 mahasiswa S1 Psikologi dari perguruan tinggi di Pulau Jawa yang terdiri dari 34 laki-laki dan 208 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Alat ukur The Knowledge of Attention Deficit Disorder (KADDS) oleh Sciutto et al. (2005) dengan jumlah 36 item digunakan untuk mengukur pengetahuan ADHD. ADHD Stigma Questionnaire (ASQ) oleh Kellison et al. (2010) dengan jumlah 26 item digunakan untuk mengukur stigma ADHD. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara pengetahuan ADHD dan stigma terhadap ADHD dengan nilai signifikansi p = .034 dan koefisien korelasi r = -.136. Arah hubungan ini diindikasikan sebagai semakin tinggi pengetahuan ADHD, maka stigma terhadap ADHD semakin rendah. Dengan demikian, peningkatan pengetahuan ADHD mengarah pada pengurangan stigma dan menjadi solusi untuk mengurangi stigma terhadap ADHD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Attention deficit hyperactivity disorder, pengetahuan, stigma, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:20
Last Modified: 27 Feb 2023 03:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38859

Actions (login required)

View Item View Item