Hubungan antara Self-esteem terhadap Game Addiction pada Dewasa Muda Pemain Massively Multiplayer Online Role Playing Game [MMORPG]

Faith, Jovia (2023) Hubungan antara Self-esteem terhadap Game Addiction pada Dewasa Muda Pemain Massively Multiplayer Online Role Playing Game [MMORPG]. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (491kB)

Abstract

Pada dasarnya semua jenis game memiliki kemungkinan bagi penggunanya mengalami game addiction. Tetapi perlu dikaji probabilitas game addiction dari jenis game. Salah satunya Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG), selaku jenis game yang memiliki kemungkinan tinggi bagi penggunanya mengalami game addiction. Akan tetapi menurut Sibilla et al. (2021), memiliki self-esteem yang tinggi meminimalisasi MMORPG game addiction begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-esteem terhadap game addiction pada pemain MMORPG di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 202 responden. Dengan alat ukur Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) dan Game Addiction Scale (GAS). Pengujian data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25.0 for windows dengan teknik uji Korelasi Rank-Spearman antara self-esteem dan game addiction. Hasil pengolahan data menunjukan koefisien korelasi atau r = -0.307 dengan nilai signifikansi (p) < 0.05, maka self-esteem memiliki hubungan negatif terhadap game addiction di dewasa muda pemain MMORPG. Artinya semakin tinggi tingkat self-esteem maka semakin rendah tingkat game addiction pada dewasa muda pemain MMORPG dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agustina, M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Game Addiction, Dewasa Muda, MMORPG
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:45
Last Modified: 27 Feb 2023 07:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38902

Actions (login required)

View Item View Item