Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasangan Yang Menikah di Usia Dini (Studi Pada Warga Desa Taman Sari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu)

Aprilia, Sarah Dwita (2023) Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasangan Yang Menikah di Usia Dini (Studi Pada Warga Desa Taman Sari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (857kB)

Abstract

Keharmonisan keluarga merupakan keluarga dengan tingkat konflik yang rendah dan tingkat stres yang rendah yang terdapat dalam lingkungan keluarga tersebut, sedangkan kualitas hidup adalah tingkatan yang menggambarkan keunggulan seorang individu yang dapat dinilai dari kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dan kualitas hidup yang menikah di usia dini pada warga Desa Tamansari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Partisipan pada penelitian ini merupakan warga Desa Tamansari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu yang menikah di usia dini sebanyak 77 partisipan. Alat ukur keharmonisan keluarga yang digunakan untuk penelitian ini mengacu pada teori Chuang (2005) dan alat ukur kualitas hidup mengacu pada World Health Organization Quality of Life – BREF (WHOQOL-BREF) yang telah dibuat oleh WHO. Hasil uji korelasi menggunakan spearman rho menunjukan hasil koefisien sebesar r = 0.398 dan nilai signifikan atau p < 0.01. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keharmonisan keluarga dan kualitas hidup pasangan yang menikah di usia dini, hasil ini menjawab hipotesa penelitian. Semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi kualitas Hidup pasangan yang menikah di usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan keluarga, Kualitas Hidup, Pernikahan Dini
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:54
Last Modified: 28 Feb 2023 01:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38931

Actions (login required)

View Item View Item