Pengaruh Pelanggaran Kontrak Psikologis Terhadap Service Innovation Behavior Karyawan Perusahaan Ritel dengan Modal Psikologis sebagai Moderator

Dewanti, Andhini Sita (2023) Pengaruh Pelanggaran Kontrak Psikologis Terhadap Service Innovation Behavior Karyawan Perusahaan Ritel dengan Modal Psikologis sebagai Moderator. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah pergerakan perilaku konsumen, sebagai contoh pergantian preferensi untuk berbelanja secara online. Hal ini menuntut perusahaan-perusahaan ritel untuk berinovasi, dan faktor penting dalam proses inovasi ini adalah SDM pada perusahaan tersebut. Kemampuan karyawan untuk menghasilkan inovasi serta keahliannya dalam pengimplementasian produk jasa baru disebut sebagai service innovation behavior (SIB). Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pelanggaran kontrak psikologis (PKP), atau keadaan dimana karyawan merasa bahwa kontrak psikologisnya tidak terpenuhi, dapat mempengaruhi SIB karyawan. Hubungan antara PKP dan SIB ini dikatakan lemah, sehingga diasumsikan terdapat variabel lain yang berpengaruh pada hubungan ini. Pada penelitian ini, variabel moderator tersebut adalah modal psikologis. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui peran PKP terhadap SIB, serta peran modal psikologis sebagai moderator di bidang ritel. Penelitian dilaksanakan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 105 partisipan yang memenuhi kriteria melalui media sosial (Linked.in, Instagram, dan sebagainya). Kuesioner menggunakan skala Service Innovation Performance Scale (SIP), namun penelitian akan fokus kepada dimensi Employee Service Innovation Behavior dengan 6 item (α=0.895), PsyCap Questionnaire (PCQ) dengan 12 item (α=0.943), dan terakhir Psychological Contract Breach Scale (PCB) dengan 5 item (α=807). Hasil penelitian menemukan bahwa PKP berpengaruh negatif terhadap SIB, modal psikologis secara keseluruhan tidak dapat menjadi moderator hubungan PKP dan SIB (p = 0.154 > 0.05), namun dimensi resilience dan optimism ditemukan dapat memoderasi hubungan tersebut (p < 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kiky Dwi Hapsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: service innovation behavior, pelanggaran kontrak psikologis, modal psikologis, industri ritel
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:11
Last Modified: 28 Feb 2023 02:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38938

Actions (login required)

View Item View Item