Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembelian Kompulsif Pada Remaja

Winardi, Sharon (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembelian Kompulsif Pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pembelian kompulsif merupakan aktifitas membeli yang tidak bisa dikontrol, dimana motif dan keinginan atau dorongan akan membeli produk tertentu harus terpenuhi dan terjadi secara berulang demi memenuhi rasa emosi. Pembelian kompulsif di kalangan remaja dapat dipengaruhi oleh penggunaan sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap munculnya pembelian kompulsif pada remaja di Indonesia. Metode penelitian kuantitatif digunakan terhadap 100 remaja Indonesia (64% perempuan dan 36% laki-laki). Faber dan O'Guinn pembelian kompulsif Scale digunakan untuk mengukur variabel pembelian kompulsif. Sedangkan Social Media Engagement Scale for Adolescents (SMES-A) digunakan untuk mengukur variabel penggunaan media sosial. Berdasarkan analisis regresi didapatkan pengaruh penggunaan media sosial terhadap pembelian kompulsif sebesar 48,8% dengan pengaruh positif sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Meike Kurniawati, S.Psi., M. M. dan Meylisa Permata Sari, S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pembelian Kompulsif, Penggunaan Media Sosial
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:40
Last Modified: 28 Feb 2023 03:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38966

Actions (login required)

View Item View Item