Peran Time-Management Skill terhadap Psychological Distress: Studi pada Mahasiswa yang Bekerja

Sormin, Zefanya Victoria (2023) Peran Time-Management Skill terhadap Psychological Distress: Studi pada Mahasiswa yang Bekerja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (923kB)

Abstract

Selama regulasi COVID-19, dimana sebagian besar perusahaan di Indonesia menerapkan sistem kerja Work From Home. Hasilnya, sebagian besar mahasiswa sarjana bekerja (magang/paruh waktu/penuh waktu). Rutinitas bekerja sambil kuliah yang padat membuat banyak mahasiswa mengalami psychological distress akibat kemampuan time-management yang rendah. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa time-management terus terbukti dalam menentukan tingkat psychological distress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran time-management skill terhadap psychological distress pada mahasiswa yang bekerja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 121 sampel mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online. Time-management skill diukur dengan menggunakan Time Management Behavior Scale (TMBS) yang dikembangkan oleh Macan et al. (1994). Psychological distress diukur dengan menggunakan Kessler Psychological Distress Scale (K10) yang dikembangkan oleh Kessler et al. (2002). Analisis uji Korelasi Spearman menunjukkan bahwa ada peran time-management yang negatif dan signifikan terhadap psychological distress (rs = -0,378, p < 0,001). Studi ini memiliki implikasi teoretis dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y. S. Suyasa, M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: time-management, psychological distress, mahasiswa yang bekerja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:59
Last Modified: 28 Feb 2023 03:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38973

Actions (login required)

View Item View Item