Pengaruh Pelatihan Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Self-Efficacy pada Remaja di Dusun X Indramayu

Sa’diyah, Sonia Halimatu (2023) Pengaruh Pelatihan Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Self-Efficacy pada Remaja di Dusun X Indramayu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan level kemampuan belajar yang berpengaruh dengan segala peristIwa yang terjadi dan menentukan bagaimana individu merasa, berpikir, memotivasi, serta bertindak. Setiap individu memiliki self efficacy yang berbeda-beda termasuk self efficacy pada remaja. Sikap labil yang dimiliki oleh remaja membuat remaja rentang memiliki self efficacy yang rendah. Hal ini dialami oleh remaja yang bertempat tinggal di Dusun X. Berdasarkan temuan ilmiah maka dibentuk pelatihan pengembangan diri yang dilaksanakan selama tujuh hari dengan materi yang sesuai dengan permasalahan remaja Dusun X. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pelatihan pengembangan diri untuk meningkatkan self efficacy pada remaja Dusun X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Penelitian melibatkan remaja Dusun X yang berjumlah 31 orang dengan rentang usia 13-18 tahun yang terdiri dari 18 (58,1%) partisipan perempuan dan 13 (41,9%) partisipan laki-laki. Penelitian ini menggunakan alat ukur General Self-Efficacy Scale milik Schwarzer dan Jerusalem (1995) yang telah diadaptasi oleh Novrianto et al. (2019) untuk mengukur self efficacy partisipan sebelum dan setelah mengikuti pelatihan pengembangan diri. Hasil analisis inferensial berupa uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi (p-value) data pre test dan post test dalam uji wilcoxon < 0,05 yaitu 0,000. Partisipan juga mengalami kenaikan rata-rata skor self efficacy sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan yaitu semula 2,4290 naik menjadi 3,8871. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan serta peningkatan nilai self efficacy yang signifikan pada partisipan sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Ninawati, M.M. & Untung Subroto, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, Remaja, Pelatihan Pengembangan Diri
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:03
Last Modified: 28 Feb 2023 06:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38995

Actions (login required)

View Item View Item