Gambaran Kecenderungan Perilaku Bullying Yang Dilakukan Remaja Terhadap Orang Dengan Gangguan Kesehatan Mental (Studi Kasus Di SMKN X Kabupaten Indramayu)

Karina, Marsha (2023) Gambaran Kecenderungan Perilaku Bullying Yang Dilakukan Remaja Terhadap Orang Dengan Gangguan Kesehatan Mental (Studi Kasus Di SMKN X Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bullying bukan lagi kata asing bagi masyarakat di Indonesia. Faktanya, delapan dari sepuluh warga negara Indonesia, khususnya di kalangan anak-anak dan remaja mengalami dan terkena dampak bullying, baik di kehidupan nyata maupun di media sosial di dunia maya. Pada anak-anak dan remaja, kasus bullying sering terjadi di lingkungan pendidikan yaitu sekolah. Bullying dapat terjadi dalam berbagai situasi, kondisi, dan pada siapa saja, bahkan pada orang dengan gangguan kesehatan jiwa atau yang sering disebut dengan ODGJ. Studi kasus ini diikuti oleh 407 peserta remaja usia 14-19 tahun di SMKN X yang berdomisili di Indramayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adaptasi dari Kuesioner Korban/Bully-Olweus Revisi (2015) dalam bahasa Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa memiliki kecenderungan yang tinggi untuk melakukan perilaku bullying terhadap ODGJ, dimana mean hipotetik adalah 2,5 dan mean empiris adalah 3,07. Temuan ini berarti remaja memiliki kecenderungan yang tinggi untuk membully ODGJ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria S.Psi., M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Bullying, ODGJ, Remaja, SMKN, Indramayu
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:38
Last Modified: 28 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39011

Actions (login required)

View Item View Item