Hubungan Antara School belonging dan Academic Motivation di SMKN X Kabupaten Indramayu

Mulapoa, Cyindy (2023) Hubungan Antara School belonging dan Academic Motivation di SMKN X Kabupaten Indramayu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (896kB)

Abstract

Academic Motivation adalah faktor yang mampu mempengaruhi tingkah laku seseorang untuk bersekolah dan memperoleh gelar, individu yang memiliki academic motivation yang rendah akan berdampak pada prestasi belajarnya. Salah satu cara meningkatkan academic motivation ini dengan menumbuhkan rasa kepemilikan akan sekolahnya (school belonging), berdasarkan motivasi manusia oleh Maslow seseorang akan dapat termotivasi jika memiliki rasa kepemilikan akan sesuatu. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen yang menggunakan instrumen kuesioner sebagai alat ukurnya, penulisan ini melibatkan melibatkan 369 siswa/i kelas X di SMKN X kab. Indramayu. Tujuan pada penulisan ini untuk mengetahui apakah ada hubungan pada school belonging terhadap academic motivation pada siswa/i yang menempuh pendidikan di daerah pedesaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi spearman melalui program SPSS versi 24. Hasil penulisan menunjukkan korelasi yang positif dan signifikan (r = .338, p = .000 < 0.01). Artinya semakin tinggi school belonging seseorang maka academic motivationnya juga semakin tinggi, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: School belonging, Academic Motivation, Sekolah SMKN
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:54
Last Modified: 28 Feb 2023 08:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item View Item