Perancangan interior bambino preschool di Jakarta (DI - 2360)

Chrystella, Canisha (2023) Perancangan interior bambino preschool di Jakarta (DI - 2360). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615190052_CANISHA_Cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Pengesahan.pdf

Download (144kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Daftar Isi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
615190052_CANISHA_bab 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
615190052_CANISHA_Bab 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

Bambino Preschool adalah sebuah institusi pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1997. Bambino Preschool menggunakan sebuah kurikulum komprehensif yang terinspirasi dari metode Montessori, Reggio Emilia, dan Waldorf. Lingkungan belajar merupakan ruang penting yang mendukung perkembangan anak. Suasana lingkungan belajar dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, emosi, dan kenyamanan anak. Dengan itu, lingkungan pendidikan anak pada usia dini perlu dirancang dengan aman dan nyaman, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak melalui pemilihan warna, furnitur, maupun tata letaknya. Perancangan interior Bambino Preschool ini bertujuan untuk merancang sebuah lingkungan belajar sesuai dengan kurikulumnya, bersifat nyaman, aman, dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini sehingga dapat meningkatkan kualitas dan minat belajar. Metode perancangan yang digunakan adalah sebuah metode yang dipelopori oleh Rosemary Kilmer yang mencakup dua tahap yaitu analisis yang merupakan tahap programming dan sintesis yang merupakan tahap perancangan. Perancangan interior Bambino Preschool menggunakan tema ‘Home Away From Home’ yang berarti dimana sekolah sebagai rumah kedua dapat menjadi tempat dimana anak dapat merasa bahagia, santai, dan nyaman seperti di rumah sendiri. Untuk mewujudkan tema ini, interior Bambino Preschool dirancang dengan menciptakan lingkungan yang nyaman, tenang, namun menyenangkan sehingga dapat mendorong aktivitas pembelajaran yang bebas stres dan juga termotivasi untuk terus belajar dan senang berada di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Interior, PAUD, Pendidikan, Perancangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:15
Last Modified: 18 Apr 2023 04:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39094

Actions (login required)

View Item View Item