PENGARUH METODE GLASS ANALYSIS TERHADAP SELF-EFFICACY MEMBACA DAN READING LEVEL (Studi pada Salah Satu Siswa Kelas 3 SD Swasta Inklusi Tangerang Selatan)

Khasanah, Nurul (2023) PENGARUH METODE GLASS ANALYSIS TERHADAP SELF-EFFICACY MEMBACA DAN READING LEVEL (Studi pada Salah Satu Siswa Kelas 3 SD Swasta Inklusi Tangerang Selatan). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1 - Pembuka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu penanganan siswa berkesulitan membaca adalah metode glass analysis. Metode glass analysis terbukti meningkatkan reading achievement. Namun, belum ada penelitian yang mengkaji pengaruh glass analysis terhadap self-efficacy dan reading level. Peneliti memberikan intervensi metode glass analysis yang berfokus pada decoding, kemudian diteliti untuk dilihat pengaruhnya terhadap self-efficacy membaca dan reading level. Self-efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan untuk menguasai tugas, dan menampilkan hasil yang positif (Bandura, 1997). Reading level adalah tingkat kemampuan membaca yang terdiri atas independent, instructional, dan frustration (McKenna & Stahl, 2003). Penentuan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Subyek terdiri atas dua orang, yaitu satu subyek eksperimen dan satu subyek pembanding. Subyek eksperimen mendapatkan intervensi glass analysis, sedangkan subyek pembanding untuk menggambarkan self-efficacy membaca dan reading level siswa kelas 3 SD. Variabel-variabel penelitian diukur menggunakan dua instrumen, yaitu The Reader Self-Perception Scale terdiri atas 33 butir dan tes informal membaca sebanyak tiga teks, masing-masing satu paragraf dengan jumlah kata antara 100 hingga 200. Data yang diukur adalah hasil pretest dan posttest self-efficacy membaca, dan hasil pretest dan posttest membaca. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode non-parametrik Wilcoxon, dan diperolah hasil bahwa glass analysis tidak memengaruhi self-efficacy membaca (z = -1,0 dan p > 0,05) dan reading level (z = -1.0 dan p > 0,05). Namun, reading level subyek eksperimen mengalami peningkatan, dari frustration level menjadi instructional level, dan kata-kata mengalami perbaikan saat posttest. Di samping temuan utama, observasi terhadap subyek eksperimen dan wawancara terhadap guru kelas dan orang tua subyek eksperimen, dengan hasil bahwa subyek mulai menunjukkan interaksi yang positif terhadap aktivitas membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psi. & Rahmah Hastuti, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Glass Analysis, Self-Efficacy dan Reading Level
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:43
Last Modified: 29 Mar 2023 03:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39151

Actions (login required)

View Item View Item