Analisa Hukum Peranan Central Bank Digital Currency Sebagai Sistem Yang Mengatur Alat Pembayaran Secara Digital Dalam Transaksi Elektronik Di Indonesia

Simran, Simran (2023) Analisa Hukum Peranan Central Bank Digital Currency Sebagai Sistem Yang Mengatur Alat Pembayaran Secara Digital Dalam Transaksi Elektronik Di Indonesia. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Simran_207211010.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Bab isi_Simran_207211010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
Lampiran_Simran_207211010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Simran_207211010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan mata uang sebagai alat pembayaran yang sah di suatu Negara. Mata uang tidak terbatas pada uang kartal maupun uang” giral, tapi juga instrumen pembayaran non-tunai dalam bentuk elektronic based dan card based seiring dengan pesatnya digitalisasi. Digitalisasi telah mengubah cara manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Dengan eksistensi aset cripto yang sedang digandrungi oleh kalangan masyarakat modern, memunculkan aset kripto tumbuh cepat disaat pertumbuhan ekonomi yang sedang menurun. Dengan demikian, aset kripto memiliki potensial yang besar untuk mengembangkan efisiensi sistem keuangan, namun juga berpotensi menimbulkan sumber-sumber risiko baru yang dapat memberikan efek pada stabilitas moneter, ekonomi, serta sistem keuangan. Perkembangan aset kripto melatarbelakangi Bank Sentral untuk merancang dan upaya menerbitkan Central Bank Digital Currency yang disebut Rupiah Digital. Bank Indonesia pada tanggal 30 November 2022 menerbitkan White Paper mengenai desain pengembangan Rupiah Digital yang dinamakan Proyek Garuda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Richard C. Adam, S.H., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Bank Indonesia, Digitalisasi, CBDC, Rupiah Digital, Proyek Garuda.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:27
Last Modified: 11 Apr 2023 03:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item