PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Sari, Natania Ratna (2023) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Natania Ratna Sari 127211005 JA.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh manajemen laba dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor transportasi di Indonesia. Adapun variabel moderasi yang digunakan yaitu Good Corporate Governance yang terdiri dari peran Dewan Komisaris, jumlah rapat Komite Audit, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu profitabilitas. Data yang digunakan sebagai bahan penelitian yaitu data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan pada sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Populasi dan sampel pada penelitian ini mendapat 57 sampel perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pendanaan mempengaruhi nilai perusahaan. Sedangkan untuk manajemen laba riil tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta good corporate governance tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh manajemen laba dan keputusan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:05
Last Modified: 05 Apr 2023 06:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39259

Actions (login required)

View Item View Item