Pengaruh Intensitas Modal Dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Transaksi Pihak Berelasi Sebagai Pemoderasi

Rahayu, Sri (2023) Pengaruh Intensitas Modal Dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Transaksi Pihak Berelasi Sebagai Pemoderasi. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Sri Rahayu 127211002 JA.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas modal dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak dengan transaksi pihak berelasi sebagai pemoderasi. Tindakan agresivitas pajak yang dilakukan oleh adanya kebijakan-kebijakan manajemen perusahaan memberikan dampak kepada pemerintah. Dampak yang ditimbulkan antara lain menurunnya penerimaan pajak di Indonesia karena adanya pengurangan beban pajak yang seharusnya dibayarkan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu pada periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode purposive sampling, dan dengan data sekunder. Dari kriteria yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, maka diperoleh sebanyak 275 laporan keuangan perusahaan untuk di analisis. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, transaksi pihak berelasi mampu memoderasi dan juga memberikan pengaruh positif signifikan manajemen laba terhadap agresivitas pajak. Sedangkan intensitas modal tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak begitupun dengan transaksi pihak berelasi tidak mampu memoderasi intensitas modal terhadap agresivitas pajak. Kata kunci: manajemen laba; intensitas modal; transaksi pihak berelasi; agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:16
Last Modified: 05 Apr 2023 06:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39263

Actions (login required)

View Item View Item