Penerapan Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Simtom Gangguan Obsesif Kompulsif Tipe Ordering pada Wanita Dewasa Muda

Dayita, Hema (2023) Penerapan Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Simtom Gangguan Obsesif Kompulsif Tipe Ordering pada Wanita Dewasa Muda. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk mengurangi simtom-simtom Gangguan Obsesif Kompulsif (GOk) tipe ordering pada wanita dewasa muda. GOK adalah gangguan pola pikir dan keyakinan. Penderita GOK meyakini kebenaran obsesi atau dorongan yang dimiliki tidak masuk akal, tetapi penyangkalnya (Elliot & Smith, 2009). Wanita dewasa muda usia 20-40 tahun sudah lebih mandiri dengan tinggal terpisah dengan orangtua, mulai mendapat pekerjaan dan mengejar karir, mulai menjalankan suatu hubungan interpersonal yang lebih intim atau bahkan menikah, memiliki dan membesarkan anak, serta mulai berkontribusi secara signifikan terhadap lingkungannya (Papalia, Olds, & Feldman, 2004). Simtom-simtom GOK mengganggu fungsi seseorang dalam dunia pekerjaan, interaksi sosial, dan kehidupan pribadi. CBT dianggap salah satu terapi paling cepat dalam hal hasil yang diperoleh, khususnya mengurangi perilaku repetitif yang muncui pada penderita GOK. CBT adalah terapi yang memodifikasi fungsi berpikir, merasa, dan bertindak dengan berfokus pada pola pikir penderita GOK yang berkaitan erat dengan munculnya simtom-simtom GOK. Desain penelitian ini adalah kualitatif kuasi-eksperimental dengan menggunakan metode pre-test dan post-test. Tahap pre-test dilakukan dengan menyaring simtom-simtom GOK tipe ordering dengan alat ukur OCD check list. Prosedur pencarian data menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian melibatkan tiga partisipan yang sesuai karakteristik sampel peneitian. Hasil penelitian adalah CBT cukup efektif untuk mengurangi simtom-simtom GOK tipe ordering pada wanita dewasa muda. Hasil ini didukung dengan adanya penurunan skor OCD check list dikuti dengan penurunan obsesi dan kompulsi pada partisipan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Henny E Wirawan, M.Hum. Psikoterapis., Psi., CGA., CGI., QIA., CRMP & Denrich Suryadi, M. Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: CBT, GOK, tipe ordering, wanita dewasa muda
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:19
Last Modified: 06 Apr 2023 07:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39272

Actions (login required)

View Item View Item