PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Josephine, Kezia (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Kezia Josephin 127161009 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini investor akan lebih tertarik berinvestasi pada perusahaan yang memiliki harga saham yang stabil. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham. Dalam penelitian ini terdapat dua faktor yang akan yaitu modal intelektual dan tata kelola perusahaan dengan menggunakan variabel mediasi kinerja keuangan (ROA). Penelitian ini ingin melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil melalui perusahaan dalam LQ 45 dengan menggunakan metode purposive sampling dalam periode waktu 2015-2017. Metode analisis data yang digunakan ialah Eviews versi 10. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa modal intelektual tidak berpengaruh langsumh terhadap nilai perusahaan, sedangkan tata kelola perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terjadi pengaruh tidak langsung antara tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Kata Kunci: Modal Intelektual, Tata Kelola Perusahaan, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:25
Last Modified: 12 Apr 2023 01:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39352

Actions (login required)

View Item View Item