ANALISIS MARKET TIMING IPO JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG PERUSAHAAN PUBLIK YANG DIDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2010-2011

Hartoyo, Sanny (2018) ANALISIS MARKET TIMING IPO JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG PERUSAHAAN PUBLIK YANG DIDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2010-2011. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Sanny Hartoyo 127151009 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Initial Return adalah tingkat pengembalian pada hari pertama Initial Return Offering (IPO). Initial return bisa saja positif dan negatif tergantung pada harga saham di pasar perdana dan pasar sekunder. Apabila harga saham di pasar sekunder lebih tinggi daripada harga perdana (underpricing), maka initial return yang positif akan terjadi. Underperformance jangka panjang diindikasikan dengan harga saham yang di bawah harga pasar pada saat IPO, dimana hal itu memberikan negatif abnormal return kepada investor jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh market timing, umur perusahaan, size perusahaan, reputasi underwriter, leverage, dan profitabilitas perusahaan terhadap initial return dan juga menguji pengaruh initial return terhadap long term performance. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi robust. Populasi penelitian ini adalah 35 (tiga puluh lima) perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2010 – 2011 di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan, size perusahaan, reputasi underwriter, leverage, dan profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap initial return, sedangkan market timing berpengaruh secara tidak signifikan terhadap initial return. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa initial return berpengaruh secara tidak signifikan terhadap long term performance. Kata kunci : timing, underwriter, leverage, initial return, long term performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:45
Last Modified: 12 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39357

Actions (login required)

View Item View Item