PENGARUH DEWAN KOMISARIS, INDEPENDENSI DEWAN KOMISARIS, KOMITE AUDIT, KUALITAS AUDITOR EKSTERNAL DAN REPUTASI PENJAMIN EMISI EFEK TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAAT EMISI PERDANA PERIODE 2011 – 2016.

Ferryandi, Yeremia (2018) PENGARUH DEWAN KOMISARIS, INDEPENDENSI DEWAN KOMISARIS, KOMITE AUDIT, KUALITAS AUDITOR EKSTERNAL DAN REPUTASI PENJAMIN EMISI EFEK TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAAT EMISI PERDANA PERIODE 2011 – 2016. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Yeremia Ferryandi 127152001 JA.pdf

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur tata kelola perusahaan yang baik terhadap underpricing pada saat perusahaan melakukan emisi perdana. Penelitian ini didasarkan pada teori sinyal yang menyatakan bahwa keberadaan struktur tata kelola yang baik pada saat perusahaan melakukan emisi perdana akan memberikan sinyal kualitas perusahaan yang tinggi kepada calon investor. Struktur tata kelola perusahaan yang diuji meliputi jumlah anggota dewan komisaris, tingkat independensi dewan komisaris, komite audit, kualitas dari ekternal auditor, dan reputasi penjamin emisi efek. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan model regresi berganda dengan sampel 98 observasi dari perusahaan yang melakukan emisi perdana dan tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2016. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa: (1) jumlah anggota dewan komisaris berkorelasi negatif dan tidak berpengaruh terhadap underpricing (2) independensi dari dewan komisaris berkorelasi positif dan berpengaruh terhadap underpricing (3) komite audit berkorelasi positif dan tidak berpengaruh terhadap underpricing (4) kualitas auditor ekternal berkorelasi negatif dan berpengaruh terhadap underpricing (5) reputasi penjamin emisi efek berkorelasi negatif dan berpengaruh terhadap underpricing Kata Kunci: dewan komisaris; independensi dewan komisaris; komite audit; kualitas auditor eksternal; reputasi penjamin emisi efek; underpricing

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:57
Last Modified: 12 Apr 2023 01:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39361

Actions (login required)

View Item View Item