PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti, Real Estate, dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Tannuka, Sugi (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti, Real Estate, dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Sugi Tannuka 127142002 JA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Laporan keuangan disajikan kepada banyak pihak yang berkepentingan maka suatu laporan keuangan harus dapat memenuhi seluruh karakteristik kualitas primer dan sekunder. Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan auditan perusahaan publik merupakan salah satu ukuran bagi pemilik perusahaan, masyarakat khususnya investor guna pengambilan keputusan. Masih terdapat perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang terlambat dalam penyampaian laporan keuangan auditan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara jelas dan melihat hubungan yang lebih spesifik mengenai pengaruh variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan ukuran KAP yang mempengaruhi Audit Report Lag. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan auditor independen yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling method. Teknik ini mengambil sampel dari tempat tertentu (dalam hal ini Bursa Efek Indonesia) dan menggunakan kriteria untuk tujuan tertentu yang dianggap potensial dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas dan ukuran KAP berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag. Sedangkan, ukuran perusahaan, solvabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag. Penelitian ini juga membuktikan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan ukuran KAP secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag. Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, ukuran KAP, Audit Report Lag, ketepatan waktu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:57
Last Modified: 13 Apr 2023 01:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39416

Actions (login required)

View Item View Item