PENGARUH PROFITABILITAS, BOARD SIZE, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN OWNERSHIP CONCENTRATIONTERHADAP AUDIT REPORT LAG (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016)

Halim, Christian Yansen (2018) PENGARUH PROFITABILITAS, BOARD SIZE, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN OWNERSHIP CONCENTRATIONTERHADAP AUDIT REPORT LAG (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Yansen Christian Halim 127161017 JA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan digunakan oleh investor untuk menilai prospek perusahaan dimasa yang akan datang dalam mempertimbangkan untuk melakukan investasi pada suatu perusahaan. Laporan keuangan perusahaan yang telah go public diharuskan untuk diaudit. Berdasarkan peraturan Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) Nomor X.K.2 mengenai keputusan penyampaian laporan keuangan berkala emiten dan perusahaan publik. Peraturan tersebut mewajibkan perusahaan yang terdaftar di pasar modal untuk menyampaikan laporan keuangan tahunan yang disertai laporan auditor independen selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga setelah tanggal laporan keuangan tahunan. Ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan keuangan sangat penting bagi para pengguna laporan keuangan. Objek penelitiandalam penelitian ini adalah pengaruh profitabilitas, board size, leverage, ukuran perusahaan dan ownership concentration terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013, 2014, 2015 dan 2016 sebanyak 68 perusahaan. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling. Data perusahaan manufaktur berupa laporan keuangan diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode pengolahan data secara elektronik (electronic data processing) dengan bantuan program komputer IBM SPSS Statistics 24. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor board size dan leverage berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Faktor profitabilitas, ukuran perusahaan dan ownership concentration menunjukkan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit report lag. Kata kunci: Profitabilitas, board size, leverage, ukuran perusahaan, ownership concentration, audit report lag

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:36
Last Modified: 13 Apr 2023 02:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39420

Actions (login required)

View Item View Item