ANALISIS PENGARUH REPUTASI AUDITOR, REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 - 2015

Ananda, Dwigita (2017) ANALISIS PENGARUH REPUTASI AUDITOR, REPUTASI UNDERWRITER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 - 2015. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Dwigita Ananda 127141020 JA.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh reputasi auditor, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan return on asset terhadap tingkat underpricing pada saat perusahaan melakukan IPO. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia pada periode 2010 – 2015. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk pengolahan data adalah regresi berganda dengan menggunakan program Eviews 9.0. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa reputasi auditor dan reputasi underwriter memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan, ukuran perusahaan dan return on asset tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hasil uji anova (F) pada penelitian ini menunjukan bahwa reputasi auditor, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan return on asset secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Kata kunci : Underpricing, reputasi auditor, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, return on asset

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:07
Last Modified: 17 Apr 2023 01:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39454

Actions (login required)

View Item View Item