ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2015)

Ivan, Ivan (2017) ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2015). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Ivan 127142010 JA.pdf.pdf

Download (421kB)

Abstract

Di dalam teori pasar efisien disebutkan bahwa perubahan harga suatu sekuritas saham di waktu yang lalu tidak dapat digunakan untuk memperkirakan perubahan harga dan pada teori signal disebutkan juga bahwa investor melihat tanda tanda yang dibuat oleh manajer perusahaan untuk memprediksi prospek perusahaan ke depan. Karenanya dibuatlah penelitian untuk untuk mendapatkan bukti empiris dengan menganalisis apakah faktor faktor fundamental berpengaruh signifikan terhdap harga saham pada perusahaan manufaktur baik secra parsial maupun simultan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2015. Faktor fundamental di sini dibagi menjadi profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas diwakili oleh rasio ROA, ROE, NPM, DER, CashTA, TATO, dan EPS. Penelitian menggunakan Regresi Data Panel yang dibantu dengan program Eviews. Hasil penelitian secara parsial hanya variabel NPM, CashTA dan EPS yang berpengaruh signifikan sedangkan untuk variabel ROA, ROE, DER dan TATO tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan seluruh seluruh variable secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Disarankan untuk memperpanjang periode waktu penelitian, gunakan variable bebas yang lebih banyak serta sample penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:34
Last Modified: 17 Apr 2023 02:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39461

Actions (login required)

View Item View Item