PENGARUH OPINI AUDIT, FINANCIAL DISTRESS, PERUBAHAN PERSENTASE RETURN ON ASSETS, PERTUMBUHAN USAHA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING. (Studi empirik pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 - 2013)

Wijaya, Chikan (2015) PENGARUH OPINI AUDIT, FINANCIAL DISTRESS, PERUBAHAN PERSENTASE RETURN ON ASSETS, PERTUMBUHAN USAHA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDITOR SWITCHING. (Studi empirik pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 - 2013). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Chikan Wijaya 127121002 JA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui apakah opini audit, financial distress, perubahan persentase return on assets, pertumbuhan usaha dan ukuran perusahaan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap auditor switching; (2) mengetahui variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terdapat auditor switching. Sampel sebanyak 70 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Variabel yang diteliti adalah opini audit (OPINI), financial distress (DISTRESS), perubahan persentase return on assets (ROA), pertumbuhan usaha (GROWTH) dan ukuran perusahaan (SIZE). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis logistic regression di SPSS 20. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) opini berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (b) financial distress tidak bepengaruh terhadap auditor switching, (c) perubahan persentase ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (d) pertumbuhan usaha berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (e) ukuran usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching dan (f) opini audit, financial distress, perubahan persentase ROA, pertumbuhan usaha dan ukuran usaha secara simultan berpengaruh terhadap auditor switching. Kata Kunci: opini audit, financial distress, perubahan persentase return on assets, pertumbuhan usaha, ukuran perusahaan dan auditor switching.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:38
Last Modified: 17 Apr 2023 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39477

Actions (login required)

View Item View Item