ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT LAG KEPEMILIKAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDY EMPIRIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 - 2012)

Fransiscus, Fransiscus (2014) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT LAG KEPEMILIKAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDY EMPIRIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 - 2012). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Fransiscus 1271120505 JA.pdf.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Audit Lag, Kepemilikan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern pada perusahaan-perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) baik secara parsial maupun simultan; Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang berhasil dikumpulkan berjumlah 120 perusahaan manufaktur pada periode 2008 – 2012. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat empat variabel independen yang mempengaruhi Opini Audit Going Concern yaitu Ukuran Perusahaan, Audit Lag, Pertumbuhan Perusahaan dan Opini Audit Tahun Sebelumnya dan satu variabel yang tidak mempengaruhi Opini Audit Going Concern yaitu Kepemilikan Perusahaan (Manajerial & Institusional). Secara simultan semua variabel (Ukuran Perusahaan, Audit Lag, Kepemilikan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya) berpengaruh signifikan terhadap Opini Audit Going Concern dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Variabel Ukuran Perusahaan, Audit Lag, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya yang paling dominan mempengaruhi Opini Audit Going Concern. Hal ini disebabkan karena semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar kemampuan perusahaan tersebut untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi sehingga auditor akan menunda untuk mengeluarkan opini audit going concern. Audit lag yang panjang mengindikasikan adanya masalah going concern pada auditee dan menjamin bahwa perusahaan yang memiliki audit lag yang panjang akan memperoleh opini audit going concern. Pertumbuhan Perusahaan mengindikasikan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya akan menjadi faktor pertimbangan penting Auditor untuk menerbitkan Opini Audit Going Concern pada tahun berikutnya. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Audit Lag, Kepemilikan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Opini Audit Going Concern.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 04:42
Last Modified: 03 May 2023 04:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39566

Actions (login required)

View Item View Item