PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, REPUTASI AUDITOR, UMUR DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2012

Harijanto, Hadi (2014) PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, REPUTASI AUDITOR, UMUR DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2012. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Hadi Harijanto 127112006 JA.pdf.pdf

Download (661kB)

Abstract

Underpricing adalah sebuah fenomena IPO di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di banyak negara . Underpricing adalah kondisi dimana harga saat penawaran perdana lebih rendah dibanding harga di pasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing . Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2012. Underpricing yang diukur dengan abnormal return awal adalah variabel dependen . Variabel bebas dari penelitian ini adalah : reputasi underwriter , reputasi auditor , umur perusahaan dan ukuran perusahaan . Penelitian ini didasarkan pada 87 perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009-2012 . Model regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dan variabel dependen . Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa reputasi underwriter , reputasi auditor dan umur perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing . Ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing . Hasil ini memiliki implikasi bahwa : 1 ) perusahaan yang melakukan IPO harus mempertimbangkan reputasi underwriter , reputasi auditor dan umur perusahaan untuk menarik investor dan meminimalkan tingkat underpricing , 2 ) investor harus mempertimbangkan tiga faktor dalam keputusan investasi IPO mereka untuk mendapatkan lebih tinggi kembali , 3 ) underwriter harus meningkatkan dan memberikan layanan penjaminan kualitas untuk mempertahankan reputasi mereka dan keberhasilan IPO di masa depan .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 04:44
Last Modified: 03 May 2023 04:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39567

Actions (login required)

View Item View Item