PENGARUH NORMA SOSIAL MASYARAKAT, PENEGAKAN HUKUM, DAN MORAL PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN AGRO YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Sumartono, Sumartono (2014) PENGARUH NORMA SOSIAL MASYARAKAT, PENEGAKAN HUKUM, DAN MORAL PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN AGRO YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Sumartono 127112013 JA.pdf.pdf

Download (251kB)

Abstract

ujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis pengaruh norma social wajib pajak, penegakan hukum dan moral wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak perusahaan terbuka sector agro yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan regresi linier, menggunakan data primer yang berasal dari jawaban kuesioner yang melibatkan 14 perusahaan responden. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji – F menggunakan SPSS. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa Norma Sosial Wajib Pajak, Penegakan Hukum, dan Moral Wajib Pajak secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepatuhan membayar pajak. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak tidak dapat hanya mengandalkan penegakan hokum (pemeriksaaan dan denda) saja, tetapi banyak factor lain yang juga turut menetukan kepatuhan wajib pajak seperti norma social, dan moral wajib pajak yang merupakan refleksi dari persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan perpajakan dan pemerintahan. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan beberapa perubahan kebijakan dalam rangka menguatkan penelitian ilmiah dan realitas ekonomi yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat kepatuhan wajib pajak, diantaranya : meyederhanakan prosedur perpajakan, membuat pembayar pajak menyadari bahwa membayar pajak adalah hal yang benar untuk dilakukan , mempromosikan system pajak yang adil; lebih focus pada kebijakan kerjasama daripada hanya membuat jera pembayar pajak dengan penegakan hokum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 06:54
Last Modified: 03 May 2023 06:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item View Item