ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Indra, Jaya Mas (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Jaya Mas Indra-127102003 JA.pdf.pdf

Download (511kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi atas dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek Indonesia periode 2006 s/d 2011 baik secara parsial maupun simultan serta mencari variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2011. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t untuk menguji koefisien regresi parsial serta Uji-F untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5% menggunakan SPSS versi 19.0. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa secara parsial terdapat dua variabel independen (net profit margin dan price earning ratio) yang mempengaruhi dividend payout ratio secara signifikan. Secara simultan semua variabel (net profit margin, inventory turnover, price earning ratio, growth potential dan size firm) berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Variabel price earning ratio yang paling dominan mempengaruhi dividend payout ratio. Price earning ratio merupakan rasio yang menunjukan tingkat kepercayaan investor terhadap suatu saham sehingga menyebabkan pasar merespon baik terhadap saham tersebut yang berdampak pada nilai perusahaan yang semakin tinggi, dengan semakin tinggi nilai perusahaan mencerminkan kinerja perusahaan tersebut juga sangat baik sehingga mampu untuk membayarkan dividend yang tinggi kepada para pemegang saham. Kata Kunci : Devidend payout ratio, Net profit margin, Inventory turnover, Price earning ratio, Growth potential dan Size firm.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 07:31
Last Modified: 03 May 2023 07:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39580

Actions (login required)

View Item View Item