ANALISIS PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2010 - 2012)

Mielanty, Mielanty (2013) ANALISIS PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2010 - 2012). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Mielanty 127111015 JA.pdf.pdf

Download (140kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mekanisme Good Corporate Governance yang ditandai dengan proksi proporsi komisaris independen, keberadaan komite audit, proporsi kepemilikan saham, dan proporsi kepemilikan saham institusional; serta kualitas audit dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan yang diukur dengan menggunakan proksi skor indeks konservatisme. Alat analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.00. Adapun penelitian ini mengambil 228 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI untuk periode 2010 – 2012. Hasil pengujian menunjukan bahwa mekanisme Good Corporate Governance yang diproksikan dengan proporsi komisaris independen dan keberadaan komite audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap integritas laporan keuangan, sedangkan mekanisme Good Corporate Governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Selain itu, kualitas audit dan ukuran perusahaan juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Untuk penelitian selanjutnya lebih baik memperbanyak sampel dan memperpanjang tahun penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 07:45
Last Modified: 03 May 2023 07:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39583

Actions (login required)

View Item View Item