ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MENERIMA OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA 27 PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 – 2011)

Sriwati, Sriwati (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MENERIMA OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA 27 PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 – 2011). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Sriwati-127111017 JA.pdf.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan menerima opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas audit, pertumbuhan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, ukuran perusahaan, debt to equity ratio, kondisi keuangan perusahaan, dan debt default. Metode penelitian yang dipergunakan adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas audit, pertumbuhan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, ukuran perusahaan, debt to equity ratio, kondisi keuangan perusahaan, dan debt default memiliki pengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya dan kondisi keuangan perusahaan memiliki pengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Kelima variabel lainnya, yaitu kualitas audit, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, debt to equity ratio, dan debt default tidak memiliki pengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Dengan demikian, perusahaan dapat terus memperbaiki kondisi keuangannya sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terjaga dan perusahaan tidak menerima opini audit going concern. Akuntan publik pun dapat mempertimbangkan opini audit tahun sebelumnya dan kondisi keuangan dalam memberikan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 07:51
Last Modified: 03 May 2023 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39586

Actions (login required)

View Item View Item