PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP INDIKASI PRAKTIK INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN PROPERTI / REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI DI INDONESIA

Peterson, Daniel (2012) PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP INDIKASI PRAKTIK INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN PROPERTI / REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI DI INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Daniel Peterson 127101020 JA.pdf.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan income smoothing khususnya pada sektor properti, real estate dan konstruksi di indonesia dalam kurun waktu 2008 s/d 2010. Penelitian ini menggunakan 4 variabel dimana 1 merupakan variabel dummy yang merupakan hasil pegelompokan sampel ke dalam perata atau bukan perata laba yang diukur dengan eckel income smoothing index dan kemudian menggunakan variabel bebas financial leverage , ukuran perusahaan dan profitabilitas. Alat analisis data menggunakan Analisis regeresi binary logistik (diskriminan) dengan menggunakan Software SPSS 19.00. Jumlah sampel yang diambil setelah melalui kriteria pemilihan sampel sejumlah 66 sampel dalam kurun waktu 3 tahun telah sesuai dan dapat digunakan. Dilakukan uji ketepatan hasil serta menilai kelayakan model menggunakan Hosmer & lameshow’s Goodness of Fit, Overall model fit dan -2 log likelihood. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara variabel bebas financial leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas baik secara sendiri maupun bersama-sama terhadap tindakan income smoothing. diharapkan kedepannya penelitian mendatang dapat menambahkan atau memasukkan indikator variabel lain yang diduga mempengaruhi praktik income smoothing seperti dampak krisis moneter , devidend payout ratio, dan perilaku manajemen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 07:57
Last Modified: 03 May 2023 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39589

Actions (login required)

View Item View Item