PENGARUH DEBT TO ASSET, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011)

Kurniawan, Handri (2012) PENGARUH DEBT TO ASSET, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Handri kurniawan 127111007 JA.pdf.pdf

Download (361kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh debt to asset, kepemilikan institusional, dan pertumbuhan laba terhadap dividend payout ratio pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI baik secara parsial maupun simultan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) perusahaan manufaktur yang selalu listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2009-2011, (2) perusahaan menggunakan mata uang Rupiah pada laporan keuangan selama periode 2009-2011, dan (3) perusahaan yang selalu membagikan dividennya selama periode 2009-2011 (15 perusahaan). Pada penelitian ini juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta Fstatistik untuk menguji pengaruh secara simultan dengan tingkat kepercayaan 5%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial diketahui terdapat dua variabel indenpenden yang mempengaruhi dividend payout ratio secara signifikan. Variabel tersebut adalah kepemilikan institusional dan pertumbuhan laba dengan tingkat signifikansi 0,036 dan 0,011. Dengan menggunakan uji anova ditemukan bahwa semua variabel (debt to asset, kepemilikan institusional, dan pertumbuhan laba) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap dividend payout ratio dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007. Kata kunci : Dividend payout ratio, debt to asset, kepemilikan institusional, dan pertumbuhan laba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 08:01
Last Modified: 03 May 2023 08:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39591

Actions (login required)

View Item View Item