FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi empirik pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2011)

Indrayani, Martha (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi empirik pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2011). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Martha Indrayani 127101018 JA.pdf.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor (dividend payout ratio, debt to equity ratio, net profit margin, firm size, growth of firm) yang diduga mempengaruhi praktik perataan laba. Data sampel berupa 37 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011, diperoleh melalui metode purposive judgement sampling. Untuk mengidentifikasi perusahaan melakukan praktik perataan laba menggunakan Indeks Eckel. Analisis statistik yang digunakan : (1) uji beda rata-rata menggunakan Independent Samples T-Test jika data terdistribusi normal dan Mann-Whitney Test jika data tidak terdistribusi normal, (2) uji regresi, menggunakan regresi berganda logistik biner untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi perataan laba. Hasil uji regresi menunjukkan variabel dividen berpengaruh positif signifikan terhadap perataan laba, variabel risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap perataan laba, ketiga variabel lainnya terbukti tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi investor dan pihakpihak terkait sehubungan dengan adanya praktik perataan laba yang masih dilakukan oleh beberapa manajemen perusahaan terdaftar didalam melaporkan kinerja keuangannya. Kata kunci : income smoothing, index eckel, dividend payout ratio, debt to equity ratio, net profit margin, firm size, growth of firm

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 08:11
Last Modified: 03 May 2023 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39595

Actions (login required)

View Item View Item